Mengatas murid yang susah mengerti pelajaran

Mengatas  murid yang susah mengerti pelajaran
Sering kita dihadapkan dengan murid yang susah dalam mengerti pelajaran yang disampaikan baik karena murid tersebut daya tangkapnya kurang ataupun karena tidak memperhatikan, tapi anda jangan bingung berikut beberapa tips yang dapat diterapkan berdasarkan dari pengalaman saya.

1. Beri pertanyaan
Anda beri pertanyaan murid yang kurang mengerti tersebut untuk mengetahui daya tangkapnya, jika bisa menjawab berarti dia telah sedikit/banyak mengerti.

2. Jangan terlalu lama menjelaskan
Menurut buku yang saya baca manusia bisa konsentrasi menyimak sekitar 40 menit jadi jika anda mengajar 2 jam pelajaran maka jangan hanya menjelaskan tapi beri variasi lain dalam pembelajaran tentunya ini bisa di kreasikan sendiri.

3. Suruh murid bertanya
Suruh murid bertanya yang belum dia mengerti dari penjelasan kita, jika tidak ada yang bertanya suruh mereka membuat pertanyaan, tapi sebelum di jawab oleh guru suruh dulu temannya yang bisa untuk menjawab.

4. Bawa alat peraga atau media pembelajaran
Anda harus membawa alat peraga yang sesuai dengan apa yang sedang di bahas. Biasanya murid antusias dengan  alat peraga atau media pembelajaran.

5.Murid harus aktif dalam pembelajaran
Agar murid mudah mengerti dalam menerima materi pembelajaran murid harus aktif dalam kegiatan belajar mengajar, karena selama ini kebanyakan dalam kegiatan belajar mengajar hanya guru yang aktif menjelaskan, tentunya hal ini cepat membuat murid bosan.

5. Beri tugas
Tugas bisa berupa PR ataupun tugas untuk dikerjakan pada waktu pembelajaran.

Mungkin itu beberapa tips dari saya agar murid kita semakin bisa mengerti akan pelajaran yang di sampaikan. INGAT: METODE PEMBELAJARAN YANG TERBAIK ADALAH METODE YANG MEMBUAT MURID MENGERTI !!!

gambar: google

Mengatas murid yang susah mengerti pelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top