Tujuh jurus Marketing Revolution


Marketing Revolution

Mr. Tung Desem Waringin memberikan 7 jurus Marketing Revolution berikut ini :
1. Kita harus fokus pada Ultimate Advantage, Sensational Offer, dan Powerful Promise (USP)
2. Melakukan lima usaha marketing
3. Semua tindakan harus terukur dan tes yang terkecil terlebih dahulu
4. Faktor kali (Tipping Point)
5. Produktivitas yang terkait penghasilan
6. Monitoring
7. Prinsip harga, paling murah atau gelap

Fokus pada USP

Jika dalam marketing normal/ secara umum, USP adalah : U = Unique, S = Selling, P = Proposition. Maksudnya, dalam melakukan suatu proses pemasaran, kita harus memiliki perbedaan dengan yang lain.

Namun, dalam hal ini, USP bagi merupakan salah satu kunci kesuksesan Marketing Revolution. Adapun yang dimaksud USP di sini adalah : U = Ultimate advantage, S = Sensational offer, dan P = Powerful promise Singkatan USP ini pertama kali saya dapatkan dari Mark Victor Hansen dan Robert G Allen dalam bukunya One Minute Millionare.

Dalam melakukan suatu usaha, kita harus terlebih dahulu mengetahui secara jelas keunggulan apa yang kita miliki dibanding yang lain. Misalnya kita sama-sama membuka warung soto. Pertanyaannya adalah, mengapa seseorang harus membeli soto di restoran kita? Mengapa tidak di tempat yang lain?

Kuncinya, kita harus mempunyai keunggulan. Jika kita sudah tidak mempunyai keunggulan dan sama dengan yang lain, kita disebut bergerak dalam bidang usaha komoditas. Kalau kita bergerak dalam bidang komoditas, sulit bagi kita memperoleh keuntungan lebih besar. Sebab, margin yang kita peroleh sangat tipis.

Saran  supaya Anda tetap mempunyai keunggulan dibanding dengan yang lain, ada dua hal yang bisa dilakukan, yaitu :
  1. Diubah
  2. Ditambah. Misalnya kita berjualan soto. Jika kita sudah bisa merasa bahwa semua soto itu sama dengan yang lain, maka yang kita pikirkan pertama kali yaitu, apa ultimate advantage restoran soto kita dibanding yang lainnya?
Kita bisa mengatakan yang kita jual merupakan soto dengan potongan daging lebih besar, dipotong miring dengan irisan terlihat bagus, dan menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan. Ditambah lagi dagingnya terasa empuk dan penuh bumbu.

Karena itu, bisa dipasang sebuah spanduk besar di depan restoran yang berbunyi, “Soto kami menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan, putih, dan mulus. Dijamin enak dan lezat!”.

Orang tertarik dengan promosi seperti itu karena kita mampu memberikan suatu ultimate advantage dibanding restoran soto lainnya. Kalau kita memang benar-benar mampu memberikan jaminan rasa dan kualitas tinggi, tentu saja kemungkinan jumlah pengunjung yang akan membeli soto juga lebih banyak. Selain itu, kita juga bisa mulai mengubah besar kecilnya menu yang ditawarkan.

Mungkin juga mengubah variasi menunya, dan masih banyak lagi. Pada intinya harus mulai bisa mengubah dan atau menambah. Harus selalu mencari Ultimate Advantage produk atau jasa yang kita tawarkan. Harus memiliki keunggulan dibanding produk lainnya. Ketika diwawancarai seorang wartawan dari majalah pria terkemuka, wartawan itu menanyakan dengan serius kepada saya. “Apa sebenarnya kelebihan Pak Tung dibanding pembicara lainnya?”.

Maka saya menjawab, saya mempunyai tiga kelebihan yang merupakan Ultimate Advantage. Pertama, ilmu saya adalah street smart. Artinya, saya mengajarkan dari apa yang sudah saya praktikkan terlebih dahulu. Sedangkan pembicara lain bisa jadi mereka hanya belajar dari buku baru, kemudian diajarkan, meskipun belum mempraktikkannya terlebih dahulu.

Kedua, cara penyampaian saya menyenangkan dan membuat orang semangat. Ketiga, daya tahan saya sangat kuat. Contohnya, pada saat saya mengadakan seminar Financial Revolution, pada hari pertama (Jumat) mulai dari pukul 18.00 dan selesai pada pukul 02.00 pagi. Keesokan harinya mulai dari pukul 09.00 pagi dan selesai pada pukul 03.00 pagi.
Kemudian pada hari ketiganya (Minggu), acara seminar dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 20.00 malam. Suara saya bisa terus tetap lantang dan tetap selalu bersemangat. Dan terakhir ini, bahkan dalam satu bulan, saya bisa mengadakan 52 seminar dengan suara dan kekuatan yang senantiasa dahsyat. Sedangkan pembicara yang lain mungkin di awal-awalnya sangat bersemangat, tetapi setelah sehari penuh mereka mulai kurang bahkan tidak semangat lagi dalam penyampaiannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, Ultimate Advantage dapat dicontohkan sebagai berikut. Jika kita hidup, itu merupakan keunggulan dibandingkan dengan yang mati (misalnya karena akibat kecelakaan pesawat). Tapi kalau semua hidup, berarti hidup sudah bukan merupakan suatu keunggulan. Kemudian kalau kita berperilaku jujur, itu adalah keunggulan dibanding jika yang lainnya tidak jujur.

Tapi jika semuanya jujur, kita berarti tidak mempunyai keunggulan lagi. Karena itu, kita harus mengetahui kunci, apa yang menjadi keunggulan kita, ataupun produk yang kita miliki, atau bisnis yang kita jalankan dibandingkan dengan yang lain.

Sumber : jaringan pengusaha muslim
Gambar : eyecatchingonline.blogspot.com

Tujuh jurus Marketing Revolution Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top