Mr. Tung Desem Waringin memberikan 7 jurus Marketing Revolution berikut ini :
1. Kita harus fokus pada Ultimate Advantage, Sensational Offer, dan Powerful Promise (USP)
2. Melakukan lima usaha marketing
3. Semua tindakan harus terukur dan tes yang terkecil terlebih dahulu
4. Faktor kali (Tipping Point)
5. Produktivitas yang terkait penghasilan
6. Monitoring
7. Prinsip harga, paling murah atau gelap
Fokus pada USP
Jika
dalam marketing normal/ secara umum, USP adalah : U = Unique, S =
Selling, P = Proposition. Maksudnya, dalam melakukan suatu proses
pemasaran, kita harus memiliki perbedaan dengan yang lain.
Namun,
dalam hal ini, USP bagi merupakan salah satu kunci kesuksesan
Marketing Revolution. Adapun yang dimaksud USP di sini adalah : U =
Ultimate advantage, S = Sensational offer, dan P = Powerful promise
Singkatan USP ini pertama kali saya dapatkan dari Mark Victor Hansen dan
Robert G Allen dalam bukunya One Minute Millionare.
Dalam
melakukan suatu usaha, kita harus terlebih dahulu mengetahui secara
jelas keunggulan apa yang kita miliki dibanding yang lain. Misalnya
kita sama-sama membuka warung soto. Pertanyaannya adalah, mengapa
seseorang harus membeli soto di restoran kita? Mengapa tidak di tempat
yang lain?
Kuncinya, kita harus mempunyai keunggulan. Jika
kita sudah tidak mempunyai keunggulan dan sama dengan yang lain, kita
disebut bergerak dalam bidang usaha komoditas. Kalau kita bergerak
dalam bidang komoditas, sulit bagi kita memperoleh keuntungan lebih
besar. Sebab, margin yang kita peroleh sangat tipis.
Saran supaya Anda tetap mempunyai keunggulan dibanding dengan yang lain, ada dua hal yang bisa dilakukan, yaitu :
- Diubah
- Ditambah. Misalnya kita berjualan soto. Jika kita sudah bisa merasa bahwa semua soto itu sama dengan yang lain, maka yang kita pikirkan pertama kali yaitu, apa ultimate advantage restoran soto kita dibanding yang lainnya?
Kita bisa mengatakan yang kita jual merupakan soto
dengan potongan daging lebih besar, dipotong miring dengan irisan
terlihat bagus, dan menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan.
Ditambah lagi dagingnya terasa empuk dan penuh bumbu.
Karena
itu, bisa dipasang sebuah spanduk besar di depan restoran yang
berbunyi, “Soto kami menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan,
putih, dan mulus. Dijamin enak dan lezat!”.
Orang
tertarik dengan promosi seperti itu karena kita mampu memberikan suatu
ultimate advantage dibanding restoran soto lainnya. Kalau kita memang
benar-benar mampu memberikan jaminan rasa dan kualitas tinggi, tentu
saja kemungkinan jumlah pengunjung yang akan membeli soto juga lebih
banyak. Selain itu, kita juga bisa mulai mengubah besar kecilnya menu
yang ditawarkan.
Mungkin juga mengubah variasi menunya,
dan masih banyak lagi. Pada intinya harus mulai bisa mengubah dan atau
menambah. Harus selalu mencari Ultimate Advantage produk atau jasa yang
kita tawarkan. Harus memiliki keunggulan dibanding produk lainnya.
Ketika diwawancarai seorang wartawan dari majalah pria terkemuka,
wartawan itu menanyakan dengan serius kepada saya. “Apa sebenarnya
kelebihan Pak Tung dibanding pembicara lainnya?”.
Maka
saya menjawab, saya mempunyai tiga kelebihan yang merupakan Ultimate
Advantage. Pertama, ilmu saya adalah street smart. Artinya, saya
mengajarkan dari apa yang sudah saya praktikkan terlebih dahulu.
Sedangkan pembicara lain bisa jadi mereka hanya belajar dari buku baru,
kemudian diajarkan, meskipun belum mempraktikkannya terlebih dahulu.
Kedua,
cara penyampaian saya menyenangkan dan membuat orang semangat. Ketiga,
daya tahan saya sangat kuat. Contohnya, pada saat saya mengadakan
seminar Financial Revolution, pada hari pertama (Jumat) mulai dari
pukul 18.00 dan selesai pada pukul 02.00 pagi. Keesokan harinya mulai
dari pukul 09.00 pagi dan selesai pada pukul 03.00 pagi.
Kemudian
pada hari ketiganya (Minggu), acara seminar dimulai dari pukul 09.00
pagi hingga pukul 20.00 malam. Suara saya bisa terus tetap lantang dan
tetap selalu bersemangat. Dan terakhir ini, bahkan dalam satu bulan,
saya bisa mengadakan 52 seminar dengan suara dan kekuatan yang
senantiasa dahsyat. Sedangkan pembicara yang lain mungkin di
awal-awalnya sangat bersemangat, tetapi setelah sehari penuh mereka
mulai kurang bahkan tidak semangat lagi dalam penyampaiannya.
Dalam
kehidupan sehari-hari, Ultimate Advantage dapat dicontohkan sebagai
berikut. Jika kita hidup, itu merupakan keunggulan dibandingkan dengan
yang mati (misalnya karena akibat kecelakaan pesawat). Tapi kalau semua
hidup, berarti hidup sudah bukan merupakan suatu keunggulan. Kemudian
kalau kita berperilaku jujur, itu adalah keunggulan dibanding jika yang
lainnya tidak jujur.
Tapi jika semuanya jujur, kita
berarti tidak mempunyai keunggulan lagi. Karena itu, kita harus
mengetahui kunci, apa yang menjadi keunggulan kita, ataupun produk yang
kita miliki, atau bisnis yang kita jalankan dibandingkan dengan yang
lain.
Sumber : jaringan pengusaha muslim
Gambar : eyecatchingonline.blogspot.com