Cara Cepat Menumbuhkan jiwa wirausaha


Apa saya kuliah salah jurusan??????
Itu yang pertama muncul di fikiran saya dan mungkin ribuan sarjan di luaran sana. Setelah lulus kuliah, karena saking sulitnya mencari pekerjaan, melamar kemana-mana hasilnya nihil. Andaipun ada pekerjaanya sangat jauh sekali dengan latar belakang pendidikan.
Fenomena ini hampir semua dapat merasakan karena banyaknya angkatan kerja sedangkan lapangan pekerjaan di negara kita masih sedikit.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya ada hal yang bisa kita lakukan yaitu berwirausaha. Ya dengan wirausaha kita menciptakan pekerjaan sendiri. Dan sebagai info saja jumlah jumlah wirausahawan di indonesia kurang dari 1% persen dari jumlah penduduk kita. Hal ini menunjukan jiwa rakyat indonesia yang betah sebagai ''pekerja'' dibandingkan jadi pewirausaha.
Kita harus mulai bisa merubah pola fikir kita bahwa untuk hidup bukan hanya menjadi karyawan tetapi juga bisa dengan berwirausaha tentunya dengan disertai pengetahuan tentang bidang yang akan kita geluti.
Berdasar pemikiran tersebut saya akan memberikan tips-tips untuk berwirausaha dari berbagai referensi termasuk pengalaman saya sendiri.

1. Tidak punya modal uang bukanlah alasan.
Banyak yang  ingin berwirausaha tapi mereka beralasan tidak punya modal, sebenarnya dalam berwirausaha modal uang bukanlah segalanya. karena dengan uang yang sedikitpun kita bisa memulai usaha contoh berjualan pulsa, jualan makanan ringan, berjualan kembang api di bulan ramadhan dan sebagainya. Kalaupun anda benar-benar tidak punya modal mulailah memasarkan produk orang lain dan anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga yang anda jual.

2. Tidak punya keahlian ikutilah kursus
Ini mungkin alasan paling klasik dari banyak orang yaitu merasa tidak punya keahlian , kalau anda merasa tidak punya keahlian ikutilah kursus. Sekarang ini banyak lembaga kursus yang bisa di ikuti, seperti kursus komputer, kursus menjahit, memasak, potografi,bengkel dan berbagai kursus lainnya. ikutilah kursus yang kira-kira anda sukai.

3.Merasa terlalu banyak saingan
Saingan bisnis dimanapun anda berada pasti ada, tapi hal ini bukanlah suatu halangan. Saran dari saya bukalah suatu usaha yang di daerah anda masih jarang ataupun tidak ada yang menggelutinya, tapi anda harus yakin anda telah menguasai bidang tersebut. contoh membuka usaha warnet di desa, membuka wisata desa dan sebagainya. Hal ini bisa anda lakukan karena seperti peribahasa "disetiap kesulitan pasti ada jalan".

4. Banyaklah bergaul
Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha anda harus banyak bergaul dengan para pengusaha. kalau anda merasa bergaul dengan pengusaha besar anda mulailah bergaul dengan para pedagang di sekitar komplek anda, dengan teman yang punya usaha, dan siapapun yang bisa memotifasi anda. Bisa juga dengan mengikuti seminar-seminar bisnis yang sekarang ini banyak di selenggarakan oleh para motifator. kalau anda ikut seminar jangan lupa mintalah kartu nama dari para peserta seminar sebanyak-banyaknya.

4. Lakukanlah pemasaran
Sehebat apapun bisnis anda kalau tidak dilakukan pemasaran tentu orang lain tidak akan mengetahuinya. Jadi mulai sekarang anda beri tahu orang-orang tentang produk atau jasa yang anda jual dan ini bisa melalui banyak hal. hal ini akan saya bahas lebih detail dalam artikel selanjutnya.

Ada satu peribahasa yang sangat saya sukai dan menjadi motivasi hidup saya:
 ''jika kamu terlahir miskin itu bukan salahmu, tapi jika kamu mati miskin itu salahmu''

gambar: google

Cara Cepat Menumbuhkan jiwa wirausaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top